Lomba Essay HPEQ Student

Lomba Essay HPEQ Student

Halo teman teman mahasiswa kesehatan,

Memasuki tahun 2012, mahasiswa dari 7 program studi kesehatan yang diwakili oleh Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA), Asian Medical Students’ Association (AMSA), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI), Himpunan Mahasiswa Diploma III Keperawatan (HIMADIKA), Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI), Ikatan Mahasiswa Kebidanan (IMABI), Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI), Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI), dan Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) kembali mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mendukung keterlibatan mahasiswa dalam pengambilan keputusan demi meningkatkan kualitas pendidikan dan menekankan pentingnya pendekatan multidisiplin dalam advokasi mahasiswa ilmu kesehatan Indonesia dalam bidang pendidikan ilmu kesehatan. Untuk menjaring ide-ide segar mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi ilmu kesehatan dan menumbuhkan kebiasaan yang baik dalam penyaluran pendapat, HPEQ Student yang merupakan program kerja nasional untuk mahasiswa pendidikan tinggi kesehatan di Indonesia kembali mengadakan kompetisi essay berhadiah tiket untuk mengikuti 3rd HPEQ International Conference yang akan diselenggarakan dengan konsep baru. Selain itu, seperti tahun sebelumnya, para pemenang juga memiliki kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan mahasiswa di HPEQ Student serta kesempatan untuk memuat tulisannya dalam media-media HPEQ Student.

3rd hpeq conf akan diadakan bulan november di jakarta. Konferensi ini akan menjadi konferensi pendidikan tinggi ilmu kesehatan pertama yang berbasis sistem informasi dan teknologi, yaitu berupa video conference yang menghubungkan puluhan titik di seluruh Indonesia. Pada konferensi ini, perwakilan-perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia akan mendapat kesempatan untuk berkumpul dan berdiskusi di titik pusat konferensi, yaitu di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Kemendikbud Jakarta

Kali ini HPEQ Student kembali mengadakan kompetisi essay. Ada tiga tema yang diambil dalam kompetisi ini yaitu:

1.Peran mahasiswa dalam akreditasi pada institusi pendidikan

Berdasarkan UU RI no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 6 “Setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan.” Sedangkan berdasarkan UU RI no 20 tahun 2003, pasal 8 “Masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi”. Dari dua pasal di tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat, wajib dan berhak ikut serta dalam penentuan kebijakan sistem pendidikan. Akreditasi merupakan salah satu bentuk pengawasan terhadap kualitas pendidikan di tiap institusi pendidikan. Untuk itu berdasarkan dua pasal UU di atas mahasiswa memiliki peranan terhadap akreditasi, namun bagaimana seharusnya pelaksanaan akreditasi di tiap institusi serta peranan mahasiswa didalamnya selama ini? Apakah mahasiswa sudah dilibatkan dalam proses akreditasi? Dan bagaimana seharusnya bentuk dan peranan mahasiswa di tiap institusi?

2. Standar kompetensi masing masing profesi

Menurut SK Mendiknas No. 045/U/2002 kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. namun untuk saat ini kompetensi profesi kesehatan masih belum jelas penerapannya, sedangkan standar kompetensi tenaga kesehatan sangat penting untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional. Kompetensi profesi seperti apa yang dapat memberikan hasil tersebut? Bagaimana seharusnya standar sebuah profesi dalam pencapaian kesehatan? Dan apakah kompetensi profesi sudah menjawab masalah masalah kesehatan di Indonesia?

3. Uji kompetensi masing masing profesi.

Uji kompetensi profesi menurut Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) 2011 adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Masing-masing profesi memiliki uji kompetensi masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain sesuai dengan kompetensi dari profesi tersebut. Lalu bagaimana uji kompetensi di masing-masing profesi untuk saat ini? Apakah sudah dapat menguji kompetensi dari suatu profesi tersebut? Apakah uji kompetensi ini dapat menjamin terciptanya standart kompetensi yang dimiliki suatu profesi? Bagaimana pelaksanaan dari uji kompetensi di masing-masing institusi?

Persyaratan umum:
1.Mahasiswa Kesehatan Seluruh Indonesia baik jenjang S1 maupun D3.
2.Essay yang dikirim merupakan karya perorangan dan bukan karya kelompok.
3.Essay belum pernah dilombakan atau dimuat diberbagai media cetak, media elektronik atau majalah dan bukan merupakan karya dari hasil copy atau plagiat.
4.Peserta hanya diperbolehkan mengirim satu judul essay.
5.Menyertakan identitas diri seperti nama, alamat tinggal, email, no hp, prodi, univ dalam bentuk pdf yang diberi nama file indentitas.
6.Menyertakan scan copy KTM (kartu tanda mahasiswa), surat keterangan dari pihak kampus dan BEM/HIMA.

Persyaratan Essay:
1.Essay ditulis dalam bentuk .pdf, nama lengkap sebagai nama file
2.Essay dibuat dalam bahasa Indonesia.
3.Memuat minimal 3 referensi.
4.Jumlah kata maksimal 700 kata.
5.Huruf mengunakan Times New Roman dengan ukuran 12 dan spasi 1,5.
6.Essay lomba dan identitas diri dikirimkan ke email student.hpeqconference@gmail.com dengan subjek : “Kompetisi Essay”.
7. Identitas ditulis dengan format nama lengkap – universitas – fakultas – no. handphone – angkatan – email
8.Lomba dilaksanakan mulai tanggal 1 – 31 mei 2012
9.Pengiriman Paling Lambat pada tanggal 31 Mei 2012 pukul 23.59.

Hadiah:
1. 5 Essay terbaik mendapatkan kursi di 3rd HPEQ International Conference
2. 20 Essay terbaik mendapatkan piagam dan publikasi oleh HPEQ Student

Pengumuman Pemenang:
1. Sebelum pemenang diumumkan, essay yang masuk akan dinilai oleh juri.
2. Pengumuman akan diumumkan pada bulan Juni 2012 melalui web resmi HPEQ student
3. Pemenang ditentukan berdasarkan penilaian juri dan tidak bisa diganggu gugat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi student.hpeqconference@gmail.com atau nomer dibawah ini:
CIMSA: Zulva Fuadah (087838240540)
AMSA: Melissa Lenardi (081808010912)
ISMKI: Anggie Hardiyanti (085697926866)
ILMIKI: Prasetyo Aji Nugroho (085727060696)
HIMADIKA: Masrur Huda (085725827620)
IKAMABI: Efi Afiani Safitri (085647947047)
PSMKGI: Rizky Bayu Utomo (08125422722)
ISMKMI: Elia Nur Ayunin (085691240740)
ISMAFARSI: Dian Permata Sari (085758023253)
ILMAGI: Qonita Rahmah (081286109400)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s