Jeda

Pernahkah kita merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari?, Pernahkah kita merasa lelah dengan fikiran-fikiran kita sendiri?, Pernahkah kita merasa lelah dengan beban yang ada di pundak kita sendiri?, Pernahkah kita merasa lelah dengan semua yang ada disekitar kita?, Pernahkah kita merasa lelah dengan impian-impian kita yang tak kunjung terwujud?

Di kala lelah, mungkin kita butuh jeda sejenak, ya jeda sejenak. Meluangkan waktu untuk mengistirahatkan raga-raga kita, fikiran-fikiran kita, hati-hati kita. Meletakkan segala yang berkecamuk dalam hati dan fikiran. Mungkin dengan jeda kelak kondisi kita bisa menjadi lebih baik. Ya seperti jedanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang berupa sholat. Rasulullah ketika mengalami kelelahan beliau akan beristirahat dan istirahatnya berupa sholat. Maukah kita jeda sejenak, melalui sholat, sujud dan bermunajat kepadaNya, memohon untuk dikuatkan kembali dari rasa lelah yang menyergap. Menitipkan impian-impian kita kepadaNya karena Allah lah tempat paling nyaman untukmu bersandar dikala lelah menyapa. Mungkin dengan jeda yang seperti itu kita bisa tertegun merenungi dosa-dosa kita, khilaf-khilaf kita. Pejamkan mata, dan berdoalah dikala lelah menyapa, abaikan saja tetesan-tetesan air mata yang mengalir lembut di wajah, karena hanya dengan itu mungkin Allah akan menghilangkan lelahmu.

Jeda juga bisa berarti menyendiri, meluangkan waktu untuk menyendiri, menenangkan hati dan fikiran, menguntai-nguntai benang kusut dalam hati dan fikiran, hingga terurai satu-persatu. Terkadang kita butuh waktu untuk menyendiri, mungkin dikala sendirian menepi dari keramaian, lelah-lelah itu melebur menjadi pemikiran-pemikiran yang bijak, dan jiwa-jiwa yang bersabar dan bersyukur.

Banjarmasin, disela-sela hujan rintik-rintik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s