Setiap Orang Berhak Mendapatkan Kesempatan Untuk Menjadi Lebih Baik

Percaya, adalah satu kata yang dapat kita berikan kepada siapa pun di dunia ini bagi mereka yang mau berusaha dan berjuang. Dalam hidup ini tak jarang kita bertemu dengan seseorang yang kepribadiannya berbeda dengan kita atau bahkan mereka dengan jelas membuat kita merasa sakit hati. Lalu apakah kita lantas “pantas” memberikan kesan negatif tentang orang tersebut sebelum mengetahui apakah dia sadar akan kesalahannya tersebut?.  Berikanlah mereka kesempatan untuk merefleksikan diri dan merubah diri menjadi lebih baik.

Berbaik sangka, ya berbaik sangka lah kepada setiap orang yang sedang sama-sama berjuang dengan kita. Pernahkah engkau merasa sakit hati karena diburuksangkai oleh orang yang paling dekat dengan kita entah itu keluarga ataupun rekan kerja. Kita tidak perlu memberikan label negatif kepada mereka, kita juga tidak berhak menyebarluaskan label tersebut kepada orang lain, hanya untuk mencari kepuasan  dan dukungan bahwa orang tersebut memang “buruk”. Sayangnya, kebanyakan dari kita yang mendapatkan sebaran label negatif tersebut dengan merasa senang pun “ikut-ikutan” untuk berburuk sangka kepada orang yang diberikan label negatif tersebut.

Mungkin manusia memang senang hidup dengan latar “drama”, kita lantas menjadi sinis, dan ikut-ikutan memberikan label negatif kepada orang yang kita dengar desas-desus miring tentang dirinya, padahal kita jelas tidak tahu fakta yang sebenarnya seperti apa, kita hanya mendengar desas-desus negatif itu yang menyebar dari mulut ke mulut, tanpa kita rasakan betul bahwa orang tersebut memang buruk.

Bagaimana jika yang sedang dipojokkan dan diberikan label negatif adalah diri kita sendiri?. Bagaimana jika yang menjadi objek kesalahan adalah diri kita?, Bagaimana jika yang melakukan kekhilafan adalah diri kita sendiri?, Bagaimana jika kita menjadi tersadar oleh kekhilafan yang kita buat sendiri?, Bukankah kita akan berubah menjadi lebih baik, dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama?, Bukankah kita percaya bahwa Tuhan menyaksikan ketulusan kita untuk berubah menjadi lebih baik?.

Tuhan pun memberikan kesempatan kepada umatnya untuk berubah menjadi lebih baik. Kita bukanlah Tuhan yang dengan mudah membuat label negatif tentang seseorang. Jika saja kita mau memberikan kesempatan kepada mereka yang melakukan kekhilafan untuk berubah menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s