Jangan.

gambar-orang-sedih-dan-menangis-2

Kelak di suatu hari seorang anak akan membawa kenangan-kenangannya sampai ia beranjak remaja, menua menjadi dewasa, dan berkesempatan menjadi seorang orang tua. Kelak di suatu hari seorang anak akan terseok-seok berjalan melewati waktu dengan banyak jahitan di dalam hatinya, terluka, hanya itu yang tersisa hingga ia membawa kenangan-kenangannya sambil berjalan menuju masa depan.

Oleh karena itu, Jangan, Jangan menciptakan kenangan yang buruk bagi anak kalian. Sesederhana pukulan, ancaman, bentakan, jeweran, makian, dan amarah orang dewasa yang bagi orang tua yang sudah menjadi seorang dewasa ini menganggap semuanya itu mungkin hanya hal yang sederhana dan sepele, biasa aja menghukum anak karena kenakalannya, dan dengan melakukan itu akan terpuaskan amarahnya dalam hitungan menit anda melakukannya. Hitungan menit tersebut bisa saja menjadi mimpi buruk yang berlaku seumur hidup bagi anak kalian.

Bagi kalian yang belum menikah, sudah siapkah anda untuk menikah dengan semua konsekuensinya?, Konsekuensi kelak akan menjadi orang tua, mempunyai anak, mendidik anak, menjaga psikologis anak dalam poin-poin tertentu. Sanggupkah kalian menjadikan pernikahan kalian menjadi pernikahan yang visioner, bukan hanya ikut-ikutan menikah dengan alasan cinta, karena cinta bukanlah segalanya, banyak faktor lain yang menentukan keberhasilan suatu pernikahan. Pernikahan bukanlah perkara hitungan bulan, namun perjalanan panjang bersama pasangan dan anak-anak yang menjalani proses yang panjang.

Dan pada intinya tulisan ini adalah tentang bagaimana mendidik, menjaga, dan melindungi psikologis anak sedini mungkin agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik, santun, dan tidak terluka serta membawa luka kemana saja sepanjang hidupnya.

Banjarmasin, 5 November 2016

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s